How to cope with Twitter API V1.1

Sejak twitter meng-upgrade REST API nya menjadi ver 1.1 banyak aplikasi yang selama ini berjalan menggunakan API versi sebelumnya harus, mau tidak mau, meng upgrade coding mereka mengikuti ketentuan yang disampaikan Twitter.

Hal inipun juga saya rasakan sebab selama ini saya memanfaatakan bahasa pemrograman R untuk me retrieve data twitter, mengolahnya dan bermain – main dengan package yang begitu banyak dan sangat menarik.

Saya sendiri mengenal bahasa R ini karena saat kuliah dulu field interest saya adalah data mining. Apa itu data mining silahkan googling saja dengan key work tersebut untuk mendapatkan insight sebanyak – banyaknya.

Nah, tujuan saya posting ini adalah untuk menulis tutorial, paling tidak untuk membuat arsip saja, tentang apa yang sedang saya kerjakan saat di negeri kangguru ini yang masih berkaitan dengan data mining menggunakan bahasa R dengan streaming data dari twitter tapi lebih pada applied science nya dan bukan pada algoritmanya. Bedanya apa? Akan saya jelaskan pada posting lainnya.

Oh ya, sudah hampir 3 bulan dinegeri orang yang jauh ini dan saya teringat bahwa saya sebenarnya punya account wordpress. Jadi mengapa tidak saya share saja dengan orang lain yang barangkali mengalama masalah yang sama?

Saya juga akan menjelaskan mengapa saya menggunakan bahasa R bukannya bahasa pemrograman Python, yang saat ini lebih populer digunakan untuk meretrieve dan mengolah streaming data twitter, untuk mengolah data. Banyak hal yang menarik dengan bahasa R ini. Saya menggunakannya bukan karena saya lebih familiar dengan R dibanding python tapi banyak hak. Karena akan panjang maka saya akan lanjut di posting berikutnya.

Bagi yang tertarik mudah – mudahan bermanfaat.

Salam

 

Leave a Reply

