Facebook (FB) Fever…!!!

Dalam Internet, protokol yang paling banyak digunakan adalah HTTP ( Hyper Text Transport Protocol) yaitu protocol untuk WWW (World Wide Web), atau dalam pengertian awamnya adalah protokol yang memungkinkan kita untuk membuka halaman – halaman web.

Hampir semua Aplikasi dirancang untuk dapat berjalan diatas protocol HTTP ini, mulai dari transfer file sampai Messenger. Contohnya adalah YM punya Yahoo atau Gmail punya google ataupun transfer file dari repository – repositori besar, yang berjalan pada protokol HTTP atau yang dapat diakses lewat web (Tidak perlu aplikasi tambahan lainya, misalnya Yahooo Messenger, Pidgin, Skype, ftp – client, dll.

Hal ini disebabkan karena sifat protokol tersebut yang open code, light, relatif sudah matang serta platform independent (tidak tergantung pada sistem operasi tertentu) lalu dapat dikembangkan dari bahasa pemrograman apa saja sepanjang bahasa memiliki stdin dan stdout (buat anda yang pernah belajar coding pada level “C” anda tentu paham maksud saya). Dengan demikian maka isu – isu interoperabilitas tidak lagi menjadi masalah jika aplikasi dijalankan diatas protokol HTTP.

Nah, akhir – akhir ini situs jejaring sosial yaitu facebook (FB) sedang melanda kebanyakan orang di Dunia (kecuali saya!!!, saya lebih memilih Pidgin untuk chatting dan WordPress untuk sharing ide.

Indonesia sendiri adalah pengguna FB terbanyak di Asia (Datanya googling sendiri ya,  ). Oleh karena itu berbagai developer berlomba – lomba untuk membuat aplikasi yang pada ujungnya adalah membuat end user menjadi mudah dalam mengakses situs tersebut. (Atau barangkali emang ini bagian dari marketingnya FB ya).

Diantaranya adalah:

Penggunaan Pidgin dapat meng-embed FB didalamnya. Pidgin adalah aplikasi chatting semacam Yahoo Messenger cuman basisnya open source, mendukung multiple account dan multi protocol. Nah, anda dapat mendowload dan mencoban pidgin – facebook chat disini (Untuk sesama penggemar debian/ubuntu) atau yang penggemar windows disini.

Lalu Desktop yang dapat meng-embed FB chatting, sehingga pengguna menjadi semakin mudah dalam mengkases chatting via FB dari desktop. Anda dapat mencobanya disini atau disini.

Selamat mencoba.

One response to “Facebook (FB) Fever…!!!

  1. wa…! bagus skali itu! nanti saya coba. pak beking buku dong! tentang it, khususnya web soalnya saya senang dengan web. thx!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s