Mencari Artikel Ilmiah

Ketika kita dihadapkan pada kebutuhan mencari artikel ilmiah, dalam penelitian, sekolah, dll maka persoalan mencari artikel tersebut adalah hal yang sangat pelik. Internet menyediakan begitu banyaknya data dan informasi tapi kalo kita tidak secara spesifik mengetahui lokasi keberadaan data atau informasi yang ingin dicari maka hal tersebut akan cukup merepotkan.

Apalagi, terkadang, artikel – artikel yang dicari tersebut belum tentu gratis (ini terjadi kalau artikel tersebut absolutely state of the art). Misalnya di jurnal ACM, IEEE, dll.

Nah, kebetulan hari – hari ini ada kebutuhan untuk mencari artikel ilmiah. Jadi saya posting, biar ga lupa lagi, tip mencari artikel ilmiah, yang juga saya gunakan, pada saat sekolah dulu.

Caranya:

  • Pake google scholar untuk mencari artikel yang dibutuhkan dengan memasukan kata kunci nya.
  • Ketika ketemu artikel tersebut lalu copy link tersebut (biasanya sih artikel di google scholar berbayar)
  • Paste link ke http://www.google.com
  • Saat muncul link – link dari artikel tersebut, pilih yang cited-nya paling tinggi.
  • Cari dokumen tersebut dalam bentuk pdf atau ps (atau yang lainya)
  • Download.
  • Jika tidak, silahkan mencoba link ini.
  • Selesai.

Jurnal dengan nilai Cited yang tinggi artinya jurnal tersebut paling sering diambil yang berarti pula paling sering dirujuk.

Namun kadang dalam proses pencarian jurnal yang dicari tidak tersedia secara gratis. Hal ini disebkan karena jurnal tersebut termasuk jurnal yang sangat baru alias fresh from the oven.

Biasanya, yang saya ketahui, penyedia jurnal tersebut akan meminta fee kurang lebih US $5 (biasanya sih kurang dari itu). Bagi peneliti dari Indonesia hal tersebut tentu merepotkan, diantara penyebabnya:

  • Dirasa mahal. Hal ini dikarenakan kita memang berasal dari negara yang belum kaya sehingga duit segitu masih dirasa berat untuk membayar sebuah penelitian. Tapi coba bayangkan kalau anda harus melakukan penelitian sejenis, bukankah akan jauh lebih repot dari segi biaya dan waktu..? bahkan belum tentu penelitian yang dilakukan oleh anda akan berhasil…! Tapi jauh lebih penting dari itu adalah penghargaan terhadap karya serta ide orang lain demi ilmu pengetahuan itu sendiri, iya ga…?
  • Gatek alias gagap teknologi. Bayangkan kalau ingin mengeluarkan ~ Rp. 50 rb,- harus ke bank lalu registrasi internet dan sebagainya….Kalau diluar negeri, orang terbiasa berbelanja via internet (e-commerce) dan credit card. Nah di sini, coba nanya siapa yang pake credit card?…:)
  • Berbahasa asing (inggris). Nah, ini kendala terbesar kebanyakan peneliti di Indonesia. Jadi, udah berbayar, repot, ga ngerti bahasanya pula malah, jangan – jangan, content nya juga ga ngerti…waduh…

Namun terlepas dari itu semua, jika kita mengetahui penulis jurnal tersebut, cobalah berkirim email ke Beliau. Katakan maksud dan tujuan anda. Jika beruntung, biasanya dia dengan senang hati akan membantu anda, bahkan jika penelitian anda dirasa sangat menarik dan merupakan salah satu filed interest-nya, dengan sendirinya Beliau akan akan menawarkan diri membantu kesulitan – kesulitan anda. Bagitulah ilmu pengetahuan, Bagi yang serius dan bersungguh – sungguh, kemudahan – kemudahan pula yang secara tidak diduga akan menghampiri, walah…walah..udah meluber kemana – mana nih…

Selamat mencoba…

Ayat - ayat fitnah

Ayat - ayat fitnah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s