Data mining, Speed Vs Quality?

Apakah betul bahwa Data Mining (DM), dalam konteks tertentu, hanya fokus pada kecepatan algoritmanya saja?

Maksud saya begini, kita tahu bahwa ada trade off antara kecepatan dan kualitas. Kalau mobil F1 dibikin kuat, tahan tabrakan maka tentu kecepatannya akan jauh menurun.

Dalam data mining, sekali lagi dalam konteks tertentu ya sebab tidak ada algoritma yang adaptif, atau ada yang mo riset PhD tentang hal tersebut?, kebanyakan penelitian adalah tentang bagaimana membangun algoritma yang cepat tapi cukup efektif untuk menggali informasi dari huge amount of databases.

Nah, kalau fokusnya pada kecepatan algoritma maka tentu ada kualitas informasi yang di “korbankan” sebab begitu besarnya data yang harus ditelusuri membuat pencarian tersebut akan mebjadi lambat, sebaliknya kalau kualitas informasi yang dikedepankan maka tentu fokus pencarian informasi adalah pada semua data tersebut sehingga membuat kecepatanya menjadi lambat. Kalau datanya ” cuman” 100 GB, well, itu ga masalah. Tapi kalau bicara DM kan bicara data dalam ukuran Puluhan, Ratusan bahkan Ribuah TERA BYTE.  (Kira – kira berapa besar ukuran data digital rekening koran BRI atau google?) . Nah, itu yang saya maksud.

Saya tunggu komentar nya…

One response to “Data mining, Speed Vs Quality?

  1. Artikel anda di

    http://datamining.infogue.com/data_mining_speed_vs_quality_

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur musikgue.infogue.com, info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s