Mengapa Mebuat Subnet Baru Lagi?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kemarin, beberapa hari lalu, ada teman yang minta tolong membuatkan warnet tetapi dari jaringan yang sudah. ada. Dalam jaringan itu sudah ada sekitar 20 host (sebuah kantor) yang semuanya sudah terhubung ke Internet dengan IP DHCP.

Lalu saya mengatakan kepada teman itu bahwa sebaiknya dibuatkan sebuah sub network baru dari jaringan yang sudah ada tersebut. Nah, posting adalah menjawab pertanyaan teman saya itu yang menanyakan kesaya bahwa mengapa harus dibauart network baru lagi. Network yang sekarang sudah terhubung keinternet kan?

Pertama. Network yang sekarang sudah ada digunakan oleh kantor ada tukar – menukar file. Bebetulan saat ini semua komputer host yang digunakan dalam kontor tersebut menggunakan MS Windows. Jadi kakau ada file yang ingin dishare dengan teman lain diruanga yang lain maka mereka menggunakan bukan file sharing server tapi folder sharing, khas-nya windows,🙂

Artinya apa, ketika sebuah folder dishare pada jaringan itu maka semua host akan dapat melihat file – file yang terdapat dalam folder tersebut. Yang berarti pula bahwa kalau host – host yang akan dijadikan warnet tersebut tidak di”isolasi” dalam sebuah jaringan baru maka tentu saja host – host tersebut juga akan dapat melihat sharing folder tersebut.

Nah, kalau file – file tersebut sangat penting dan hanya untuk kalangan sendiri, misalnya, maka semua pengguna warnet tersebut akan dapat melihatnya. Oleh karena itu penting untuk membuat sebua network baru atau dalam istilah networking perlu membuat subnet mask baru karena jaringan utamanya usdah ada.

Kedua. Kalau membuat warnet yang ditunjukan untuk publik (memang demikian) maka perlu untuk dilakukan tuning network tersebut. Maksudnya warnet tersebut perlu disetting supaya orang yang menggunakanya tidak terpaksa menggunakan warnet tersebut oleh karena warnet jarang didaerah sini.

Dengan menjadikan warnet artinya akan ada trafik yang lebih padat dibanding yang sebelumnya. Artinya jika tidak disetting dengan baik maka orang yang menggunakan jaringan yang sama akan protes sebab jaringannya akan lambat. Dan itu tidak hanya tema – teman kantor saja yang kan melakukannya tapi pengguna warnet nya akan melakukan hal itu dengan cara tidak lagi mendatangi warnet tersebut.

Ketiga. Untuk mambatasi penggunaan bandwidth oleh warnet tersebut pada jaringan yang sudah ada maka perlu dibuatkan sebuah router yang fungsinya sebagai pengisolasi jaringan tersebut dari jaringan yang sudah ada serta pengatur jaringan baru tersebut dari penggunaan bandwidth yang berlebihan. Terutama klau warnet tersebut juga berjalan pada jam – jam kantor. Hal ini tentu sangat mengganggu pengguna lainya.

Kempat. Perlu dibuat policy yang berfungsi untuk mengatur supaya semua pengguna yang lain juga mempunyai kesempatan yang sama dalam menggunakan jalur internet yang ada (bayarnya sama kan?. Kalau hal ini tidak dilakukan maka mereka yang menggunakan warnet untuk downlad akan menyedot jalur (bandwidth) tersebut dan pengguna lainya yang hanya menggunakanya untuk browsing akan dirugikan. karena itu perlu dibuat aturan pada sisi server untuk untuk membatasi penggunaan file – file yang didownlad tidak akan menyedot bandwidt yang terlalu banyak.

Kelima. Perlu dibuat aturan – aturan yang melarang semua pengguna warnet untuk tidak membuka situs – situs porno ,vulgar, kekerasan dan sejenisnya. Hal itu dapat diatur dengan mudah kalau ada sebuah server (proxy server) yang bertugas untuk melakukannya. Tidak terbayang untuk melakukanya secara manual kan?

Keenam. Karena ini untuk warnet maka perlu sistem informasi (Billing System) untuk menghitung waktu penggunaan warnet tersebut pada tiap host-nya kan?. Oleh karenanya, kalau ada sebua server yang berfungsi untuk melakukan itu maka akan mengurangi ketidak percayaan pengguna hanya karena penjaga warnet tersebut masih menuliskanya pada buku model akuntansi.

Ketujuh. Dengan mengisolasi jaringan tersebut menjadi sebuah subnet baru maka hal – hal yang diperlukan untuk mengotrol jaringan tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s