Engineering On Snow Mountain

Engineering….dalam kategori “snow mountain“…..? Well, ga ada hubungannya ya……tapi ada…

Intermezo

Kebetulan kampus UNIPA Manokwari, Papua Bara, terletak didaerah yang yang namanya Amban. Dan nama jalan untuk sampai ke Kampus tersebut bernama Jalan Gunung Salju. (Memang sih daerah Amban terletak diatas gunung tapi ga sampai bersalju. Kalau di Pulau Papua yang bersalju cuman daerah penggunungan di Wamena, Provinsi Papua). Lalu.. tinggal di -inggris-kan saja, jadilah Snow Mountain, biar keren aja untuk dijadikan judul…:)

Namun, sebetulnya bukan itu maksud tulisan ini tapi tentang jurusan teknik di kampus itu, yang kebetulan penulis ngajar disitu.

Salah Tempat

Buat penulis, rasa – rasanya aneh ya, kalau jurusan teknik/engginering/rekayasa berada dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Karena seperti yang kita ketahui, FMIPA sendiri merupakan sebuah fakultas yang jurusan – jurusan didalammnya mempelajari tentang ilmu pengetahuan murni (pure science) ilmu itu sendiri. Maksudnya, kompetensi sebuah jurusan dalam jurusan sains murni biasanya terfokus pada bagaimana mengembangkan ilmu tersebut tetapi tetap pada trak major ilmu itu sendiri. Dan Engineering adalah tentang rekayasa. Artinya kalau rekayasa berarti proses yang dipelajari didalamnya adalah bukan tentang proses rekayasa itu sendiri tetapi tentang bagaimana mengunakan ilmu-ilmu murni (pure science) untuk melakukan rekayasa lalu meng-create/develop sesuatu yang baru…, kira – kira begitu kan..! Contohnya dalam Jurusan Teknik Informatika ada cabang ilmu baru yang namanya Bioinformatik, Data Mining, dll, yang pada dasarnya adalah meng-create sebuah metoda baru dengan menggunakan ilmu-ilmu basisnya (ilmu murni) lalu menciptakan sebuah pendekatan yang baru, yang tentunya harus lebih efektif dan efisien.

Nah, di UNIPA ini agak “aneh”. Penulis katakan aneh dalam petik dua karena memang jurusan teknik sungguh – sungguh berada dibawah FMIPA. Suer.., ga bohon…. Di UNIPA, selain jurusan – jurusan yang udah dikenal umum, teknik merupakan satu jurusan sendiri, lalu program studinya ada 5 (lima) : listrik, minyak, geologi, tambang dan komputer. Anehnya lagi, dengan prodi sebanyak itu (1 jurusan membawahi 5 prodi yang tidak saling terkait adalah hal yang luar biasa) pihak universitas tidak berinisiatif (mau) membuat fakultas sendiri yaitu fakultas teknik untuk membawahi prodi – prodi tersebut dengan berbagai alasan yang menurut hemat penulis tidak pro pada kemajuan. Dan ini adalah perguruan tinggi. Aneh memang…

Padahal sampai saat ini Papua (Papua dan Papua Barat) masih diberi toleransi untuk mendirikan Universitas Swasta disini. Apalagi perguruan tinggi negeri…Padahal Otonomi Khusus (OTSUS) yang merupakan sebuah excuse bagi Papua karena ketertinggalan, harus kita akui itu, dalam berbagai bidang adalah sebuah kesempatan yang sangat baik untuk mengejar berbagai ketertingalan tersebut. (Mengenai kebijakan OTSUS untuk pendidikan akan penulis uraikan dalam tulisan tersendiri).

Of course, penulis yakin kalau para top management di Universitas Negeri Papua juga sangat pahan tentang hal itu (tidak bermaksud menjilat nih…:). Namun masalahnya adalah kurangnya perhatian atau bahkan memang tidak peduli (karena memang begitu fakta yang terlihat) para top management untuk mendirikan fakultas sendiri yang membawahi ilmu-ilmu teknik. Kenapa…? stereo type-lah….., namun satu hal yang pasti adalah segala sesuatu entah itu prosesdur kah, sisitem kah, hukum kah (karna itu penulis tidak percaya kepada orang – orang hukum serta mereka yang terlibat dalam menghasilkannya) semuanya kembali kepada human factor itu sendiri. Seperti kalau kita berbicara tentang konvergenitas teknologi…, masalahnya tetap selalu sama alias stereo type, that is brainware.

Kerabat kita paling dekat (Charles Darwin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s