Data mining…

Terdiri dari 2 kata: data, merupakan bentuk plural dari kata datum. Sebelum di interpretasikan data belum bisa memberikan arti apapun. Bagaiman supaya bisa memberikan arti berupa informasi yang berguna maka data tersebut perlu diinterpretasi oleh mereka yang bisa menginterpretasinya sehingga bisa memberikan sesuatu pengetahuan yang berguna. Karena itu informasi yang bisa dihasilkan dari data tersebut sangat relatih tergantung dari siapa dan bagaimana menginterpretasikannya. Oleh karena itu data bisa berarti sesuatu tapi juga bisa tidak berarti apa – apa.

Sedangkan kata mining: dalam bahasa indonesia berarti menambang, yaitu mencari sesuatu dari sekumpulan yang tidak berharga untuk menemukan sesuatu yang berharga.

Sehingga secara harafiah Data Mining berarti mencari atau mengekstrak informasi dari sekumpulan data (yang sanagt besar) untuk menemukan pengetahuan yang berguna (Yang pada akhirnya akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari sebuah proses).

Tapi Prof. Jiawei Han berargumen bahwa seharusnya istilah tersebut disebut Knowledge Mining. Hal ini merujuk pada istilah gold mining. Bukankah istilah tersebut lebih dipilih dibanding stone mining atau rock mining? Padahal dalam Gold Mining yang ingin dicaari adalah Gold-nya, sedangkan pada Data Mining bukankah yang ingin dicari adalah Knowledge-nya? Nah, Data Mining itu kira – kira seperti itu.

Data mining ini merupakan sebuah bidang ilmu generik, artinya data mining bukan merupakan sebuah disiplin ilmu yang berkembang karena mempunyai “akar” ilmu yang yang jelas tetapi karena berkembangya berbagai disiplin ilmu yang lain. Misalnya RDBMS, algoritma genetik, statistika, machine learning, DSS,dll. Sama seperti ketika kita berbicara Interoperability.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s