What can we excerpt…

Di banding mereka yang udah terlibat dan menjadi ahli dalam bidang yang relatif baru ini, data mining (DM), namun walaupun sebagai pendatang baru, penulis merasa banyak hal diluar keterkaitan secara langsung bidang ilmu itu sendiri yang dapat di ambil sarinya, seperti judul tulisan ini, what can we excerpt

Dalam tataran tertentu, Knowledge Discovery in Database (KDD) atau yang lebih populer dikenal dengan istilah DM, dalam DM sebetulnya kita mempelajari probabilitas.

Dalam konteks religiusitas, maka sebagai seorang muslim yang, insya Allah, sangat meyakini agama yang penulis anut, kita semua akan setuju bahwa yang mempunyai probabilitas itu hanyalah Allah SWT, Tuhan Penguasa Tunggal alam semesta ini.

Tetapi sebagai mana adanya, kalau kita selalu, dengan begitu cepat, mengembalikan segala sesuatu kepada-Nya tanpa berusaha dan berikhtiar maka tentu saja sebagai umat manusia kita belum bertindak sesuai dengan fitrah kita. Tidak hanya berdoa tetapi bekerja dan mengekspresikan diri merupakan salah satu bentuk manifestasi dari perihal “bertindak sesuai dengan fitrah kita…”.

Bukankah what can we excerpt dari perkatan-Nya tentang “…carilah apa- apa yang ada di bumi dan di langit…” adalah gunakanlah otak (akal) yang AKU berikan, lihatlah tanda – tanda kebesaran-KU dari apa yang telah kuciptakan disekelilingmu, berusahalah untuk meningkatkan kualitas hidupmu dengan memanfaatkan apa – apa yang telah AKU ciptakan kepadamu dan tidak merusaknya lalu mintalah kepadaKU maka niscaya akan kukabulkan.

Salah satu yang penulis pahami dalam konteks itu adalah, pada tataran reliugisitas maka yang mempunyai kemungkinan hanyalah DIA, Zat Yang Maha Sempurna, PEncipta Alam Semesta ini. Kita, manusia, hanya bisa berusaha dan berdoa.

Bahwa ketika kita mempelajari proses dalam ilmu pastipun sebetulnya kita belajar tentang propabilitas. Bagaimana membuat sebuah pendekatan yang zero tolerance karena memang dalam proses apapun dalam ilmu pasti tidak ada yang zero tolerance.

Bahwa sebetulnya yang kita pelajari adalah bagaimana membuat sebuah proses yang menghasilkan probabilitas yang dapat meyakinkan bahwa hasil dari proses tersebut (output) dapat dipercayai tentu saja dengan proses yang benar.

Bahwa dengan mempelajari DM sebetulnya yang kita pelajari adalah bagaimana mencari probabilitas dari pola – pola dari berbagai data yang digunakan sebagai target data. Diharapkan propabilitas yang diperolah dapat meyakinkan kita bahwa informasi, sebagai hasil dari pemrosesan data, tersebut dapat digunakan untuk malakukan decision making.

Semoga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s